Selasa, 05 Juli 2011

korek Kawasaki KLX 150S menjadi 200 CC

Kawasaki KLX 150S seperti bebek atau skubek Yamaha. Sangat modifable,trik bore up sangat sederhana “Masih menggunakan stroke standar saja bisa 200 cc,”

Terlihat dari blok silinder KLX150. Posisi antar lubang baut silinder sangat berjauhan. Memungkinkan untuk menggunakan trik mengganti boring dengan yang lebih gede.Karena Posisi antar lubang baut silinder sangat berjauhan Sehingga bisa dipasangi seher 70 mm,” .






Jika menggunakan piston 70 mm bisa caplok punya Yamaha Scorpio dan pasang bos untuk pin piston. Maklum pin piston KLX150 hanya 15 mm, sedang punya Scorpio 16 mm. Dengan piston 70 mm dan stroke standar 54,4 mm bisa menghasilkan kapasitas silinder 209 cc.

Namun jika menggunakan piston 70 mm dirasa kelawat gede. Bore x stroke selisihnya sangat jauh. Dikhawatirkan mesin tidak imbang. Namun sah saja bagi yang mau nekat.

Lebih aman caplok piston punya Honda Tiger standar yang diameternya 63,5 mm. Masih menggunakan stroke standar, kapasitas silinder bisa 172 cc.

Namun untuk sementara riset yang low alias aman saja. Sementara baru pasang piston 60 mm dengan stroke standar. Kapasitas silinder hanya meningkat 153,7 cc. Cukup lumayan dibanding standar yang hanya punya volume bersih 143,6 cc. Berarti naik 10 cc.

Dalam main bore up,Bisa pasang piston 60 mm keluaran Thailand untuk variasi Yamaha V-xion. Tapi tersedia pin ukuran 15 mm. Sehingga pas dipasang di KLX150.2489bore-up-klx150-(4).jpg

Enaknya lagi klep standar KLX150 sudah lebar. Klep in dan ex sekitar 28/25,5 mm. Cukup mumpuni untuk main bore up.

Desain kem standar juga sudah gendut. Kalau diamati sepertinya overlap klep sangat besar. Karakternya seperti motor balap.

Namun sayang, karburator KLX150 seperti punya Mio. Menggunakan karbu model vakum dengan ukuran venturi hanya 24 mm.tapi setelah bore up bagusya pakai karbu 26-28 mm model skep biasa.

Jika mau lebih enak lagi ganti klep gede. Bisa aplikasi merek EE yang aslinya untuk Mitshubishi Evo. Diameter payung klep isap 31 mm dan buang 25,5 mm.

Atau kalau mau lebih murah bisa pakai klep milik Honda Tiger. Namun konsekuensinya harus ganti bos klep dan mengubah posisi sudut bos klep.
Selamat mencoba semoga sukses !!!!

Sumber : www.otorend.info

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Klo untuk smash maksimal bisa msuk piston diameter brpa ya bos..

Walker mengatakan...

Salah nih berita..pen piston KLX 150 itu 14 bos..coba di kroscek ulang seblum menulis, supaya org2 ga salah informasi..

Unknown mengatakan...

Klx edisi kapan yang klepnya 28/25,5,,,,????????

Unknown mengatakan...

info yang betullah...pen klx 14 mm bukan 15 mm..yang benar aja ngasih beritanya ..sampai lebaran monyet pun pen klx ampe sekarang 14 mm bukan 15 mm...

Posting Komentar